-- DataTables CSS -->
blog-img-10

Posted by : pascasarjana

LPM Sukses Gelar Audit Mutu Internal di Pascasarjana IAIN Palopo

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Palopo melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) tahun 2023. Kegiatan Audit Mutu Internal merupakan agenda tahunan  yang bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian sistem manajemen mutu dan peraturan yang berlaku, serta meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada seluruh Program Studi yang ada di Pascasarjana IAIN Palopo. 

Adapun Tahapan dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal 2023 ada 9 yaitu Refreshment Auditor mulai tanggal 7 sampai 8 oktober 2023, Penyusunan kertas kerja pada tanggal 9 sampai 12 Oktober 2023, Persamaan penyamaan auditor 13 Oktober 2023, Pengisian kertas kerja oleh auditor dari 16 hingga 19 Oktober 2023, Assessment lapangan AMI IAIN Palopo pada tanggal 23 sampai 27 Oktober 2023, penyusunan dan konfirmasi temuan ke auditor  30 sampai 31 Oktober 2023, Penyerahan laporan oleh auditor ke LPM pada 1 November 2023, Tabulasi laporan AMI oleh LPM pada tanggal 2 sampai 3 November 2023, dan Penyampaian laporan AMI 2023 kepada Rektor.

Pascasarjana IAIN Palopo menyambut kunjungan dari tim Auditor AMI. Visitasi dilaksanakan di ruang akreditasi Pascasarjana (E1) dan dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur, para Ketua dan Sekretaris Prodi, beberapa Dosen DTPS, UPM Pascasarjana dan prodi, serta staf para Staf Pascasarjana. Pelaksanaan audit ini dilaksanakan pada 23 & 24 Oktober 2023. Auditor melaksanakan audit mutu pada 6 prodi pascasarjana yaitu pada prodi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga, Tadris Bahasa Inggris, Komunikasi Dan Penyiaran Islam, dan Ekonomi Syariah. 

Sesuai surat tugas dari Rektor, tim audit di Pascasarjana yakni Dr. Hj. Salmilah, S.Kom., M.T., Aishiyah Saputri Laswi, S.Kom., M.Kom., Nurhayati Usman, S.Pd.I., M.Hum., Pertiwi Kamariah Hasis, S.Pd., M.Pd., Teguh Arafah, S.Th.I., M.Ag., dan Muh. Yamin., S.Pd., M.Pd. Mereka ini adalah tim AMI LPM yang telah dibekali keterampilan audit internal.

Dr. Muhaemin, M.A. selaku Direktur Pascasarjana memberikan sambutan dan mengucapkan selamat datang kepada tim AMI LPM. Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana menyampaikan “terima kasih dan berharap kegiatan AMI 2023 dapat meningkatkan mutu Pascasarjana secara berkelanjutan”. Apalagi seluruh pimpinan Pascasarjana baru saja dilantik pada bulan Juli dan Agustus 2023.

Dr. Hj. Salmilah, S.Kom., M.T., dari tim AMI “kami dipercayakan untuk melakukan audit mutu internal di Pascasarjana kami berharap agar dokumen mutu di Pascasarjana terus dilengkapi dan dievaluasi agar akreditasi di pascasarjana semakin baik”. 

Tim Audit selanjutnya berkunjung ke masing-masing Prodi dan mengisi instrument Audit yang telah disiapkan. Kegiatan berjalan lancar dan sesuai SOP yang ada di LPM.