-- DataTables CSS -->
blog-img-10

Posted by : admin-master

Pascasarjana IAIN Palopo Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Program Studi KPI Menjadi Sasaran Untuk Pengembangan Komunikasi dan Dakwah

Pascasarjana IAIN Palopo - Pascasarjana IAIN Palopo Kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru pada semester ganjil Tahun 2024/2025. Salah satu program yang menjadi pilihan menarik bagi mereka yang berminat dalam bidang komunikasi adalah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Bagi para calon mahasiswa yang tertarik menjelajahi dunia komunikasi yang menginspirasi, berbasis nilai-nilai Islam, dan relevan dengan perkembangan zaman, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam menawarkan kesempatan untuk menjadi bagian dari komunitas yang dinamis, kreatif, dan peduli dalam menyebarkan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat.

Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Dr. Baso Hasyim, M.Sos.I, menjelaskan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana IAIN Palopo dirancang khusus untuk calon akademisi, peneliti, pengembang media, dan da’i kultural.

Program ini memiliki scientific vision dalam Pengembangan Dakwah Kultural, yang merupakan konsep penyampaian pesan-pesan Agama Islam dengan memanfaatkan medium budaya atau proses yang sesuai dengan konteks budaya lokal, sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat terangnya.

Visi Program Studi ini adalah Menjadi Program Studi yang Profesional dalam Pengkajian dan Pengembangan Keilmuan Komunikasi dan Penyiaran Islam Berciri Kearifan Lokal di Kawasan Timur Indonesia pada Tahun 2028.

Lulusan dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam ini memiliki profil sebagai akademisi, peneliti, pengembang media baru, dan da’i kultural dengan tingkat profesionalisme yang tinggi. Dukungan dari Dosen yang pakar dalam bidangnya, yaitu 6 orang dengan jabatan akademik 1 Profesor dan 5 Lektor Kepala, memberikan jaminan akan kualitas pendidikan yang diberikan.

Selain itu, Program Studi KPI juga telah melaksanakan program internasional seperti community service di Malaysia, kerja sama dengan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Malaysia, studi banding di Universiti Islam Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam, dan Universiti Malaysia Sabah.

Untuk persiapan penerimaan mahasiswa baru, Program Studi KPI melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi (April-Juli), rapat dengan DTPS (Awal Mei), MoU dengan IPARI (Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia) Kota Palopo dan sekitarnya (Pertengahan Mei), kunjungan ke Palopo Pos (Akhir Mei), serta Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kota Palopo dengan melibatkan IMKOP dan lainnya (Bulan Juni).

Pendaftaran mahasiswa baru untuk Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam ini membuka peluang bagi para calon mahasiswa yang ingin mengembangkan diri dalam bidang komunikasi yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal, serta berkontribusi dalam menyebarkan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat.
Visi :
“Menjadi Program Studi yang Profesional dalam Pengkajian dan Pengembangan Keilmuan Komunikasi dan Penyiaran Islam Berciri Kearifan Lokal di Kawasan Timur Indonesia pada Tahun 2028”.
Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang keilmuan Komunikasi dan Penyiaran Islam secara profesional dan berciri kearifan lokal
2. Menyelenggarakan penelitian sebagai upaya pengkajian dan pengembangan keilmuan komunikasi dan penyiaran islam secara profesional dan berciri kearifan lokal
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masayarakat sesuai bidang keilmuan komunikasi dan penyiaran islam secara profesional dan berciri kearifan lokal
4. Menjalin kerjasama pendidikan, penelitian, dan pengabdian dalam pengembangan keilmuan komunikasi dan penyiaran islam berciri kearifan lokal

Alur pendaftaran :
1. Tanggal Pendaftaran (22 April-31 Juli 2024)
2. Tes Penerimaan (1 - 2 Agustus 2024)
3. Pengumuman (5 Agustus 2024)
4. Registrasi Mahasiswa Baru Semester Ganjil (5-8 Agustus 2024)
Link Pendaftaran :
https://tinyurl.com/PMBXXV