-- DataTables CSS -->
blog-img-10

Posted by : admin-master

Sambut Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Palopo Gelar Kuliah Umum

Pascasarjana IAIN Palopo  - Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar acara pembukaan kuliah semester genap tahun akademik 2023/2024 yang dirangkai dengan sebuah kuliah umum yang berlangsung di Auditorium Mini FUAD IAIN Palopo pada Selasa, 27 Februari 2024.

Kuliah Umum ini mengusung tema yang menarik perhatian, yakni "Sustainability Media dan Tantangan Media di Era Digital", dan menghadirkan pakar ilmu komunikasi dari Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr. H. Andi Faisal Bakti MA PhD.

Rektor IAIN Palopo, Dr. Abbas Langaji MAg, dalam sambutannya membuka kegiatan ini dengan menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru serta seluruh peserta yang hadir. Guru besar bidang komunikasi ini disambut secara khusus di ruang kerja rektor.

Rektor Abbas mengatakan, kehadiran narasumber kuliah umum ini bukanlah yang pertama kali di IAIN Palopo. Kehadirannya dianggap sangat penting untuk dimanfaatkan sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, terutama dalam hal penelitian dan pengajuan beasiswa di luar negeri.

"Kehadiran beliau harus dimanfaatkan, terutama dalam hal berburu penelitian di luar negeri. Untuk memperoleh banyak ilmu dari beliau, mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan penuh antusiasme," ungkap Rektor Abbas.

Prof. Andi Faisal Bakti, dalam paparannya, membahas tentang aspek penting terkait keberlanjutan media, namun tidak hanya membatasi pada media itu sendiri. Ia juga menyoroti peran ilmu dakwah dan komunikasi dalam konteks ini.

Prof. Andi mengungkapkan pandangannya bahwa ilmu dakwah relatif lebih mudah dipelajari daripada disiplin ilmu lainnya, tetapi ia menekankan pentingnya peran ilmu komunikasi dalam mendukung keberlanjutan media. Menurutnya, komunikasi Islam harus terus dikembangkan agar tidak tertinggal oleh perkembangan ilmuwan Barat.

"Kita tidak boleh tertinggal oleh ilmuwan Barat. Kita harus terus mengembangkan komunikasi Islam," katanya.

Ia juga menyoroti fenomena di mana banyak ilmuwan Muslim masih lebih condong mengacu pada pemikiran ilmuwan Barat. Menurutnya, para ilmuwan Muslim perlu lebih gigih dalam menuntaskan kajian-kajian, dengan lebih awal memahami Al-Qur'an yang masih memiliki banyak rahasia.

Kuliah umum ini dihadiri oleh peserta aktif yang terdiri dari mahasiswa pascasarjana, guru besar, dosen, dan pejabat Pascasarjana. Proses tanya jawab pun berlangsung dengan semangat, menandakan antusiasme peserta dalam mendalami materi yang disampaikan. (Humas)