-- DataTables CSS -->
blog-img-10

Posted by : pascasarjana

Studium General dan Pembukaan Kuliah Pascasarjana IAIN Palopo

Pascasarjana IAIN Palopo melaksanakan kegiatan Studium General dalam rangka pembukaan kuliah semester genap TA. 2022/2023 pada Selasa (21/3/23) bertempat di Gedung Teater Mini FUAD. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, yakni offline dan online. Acara dimulai dengan seremoni pembukaan, menyanyikan Indonesia Raya, pembacaan ayat al-Qur'an, dan pembacaan do'a.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Direktur Pascasrjana, Dr. H.M. Zuhri Abu Nawas, Lc., MA. sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya disampaikan bahwa saat ini mahasiswa pasacarajana IAIN Palopo sudah lebih 500 mahasiswa yang aktif. Tentu hal ini menjadi tantanga tersendiri dalam mengelolanya. Turut hadir mendampingi Wakil Direktur (Wadir), Dr. Edhy Rustan, M.Pd. Seluruh ketua program studi dan sekretaris prodi juga hadir dalam ruangan. Hadir juga Kasubag TU, BPP, staf pasca dan staf masing-masing prodi.

Pada kegiatan ini juga hadir para dosen Pasacarajana serta mahasiswa baru dan lama baik secara luring atau daring melalui jaringa Zoom Meeting. Jumlah perseta sekitar 150 peserta secara keseluhuran. Hal ini menjadi salah satu tanda kesuksekan sebuah kegiatan. 

Tema studium general yaitu Pendidikan Harmoni Untuk Membangun SDM Berkarakter, Unggul, dan Profesional. Dalam kegiatan ini diundang dua narasumber yaitu, Dr. Robert Juni Tua Sitio, M.Pd, yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung. Selanjutnya narasumber kedua ialah Dr. Muhammad Guntur, M.Pd, yang merupakan dosen pascasrajana IAIN Palopo. Adapun penyampaian materi oleh keduanya sangat luar biasa dan diselingi dengan humor bergizi yang mampu membangkitkan jiwa akademis peserta.

Setelah studium general dilanjutkan dengan Orientasi Perkuliahan yang disampaikan oleh Ketua atau Sekretaris Program Prodi. Moment ini juga menjadi perkenalan mahasiswa baru dengan Kaprodi, Sekprodi, dan Staf Prodi sehingga komunikasi ke depan menjadi lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa perkuliahan semester genap TA. 2022/2023 dilakanakan oleh 4 program studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Hukum Keluarga (HK), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Ekonomi Syariah (ES). Sementara program studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) akan menggelar perkuliahan hanya pada semester gasal mulai TA. 2023-2024 ke depan nanti.