-- DataTables CSS -->
blog-img-10

Posted by : admin-master

Tingkatkan Suasana Akademik, Pascasarjana IAIN Palopo Gelar Book Reading dan Diskusi Interaktif Radikalisme dimedia Sosial

PPS IAIN PALOPO- Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Book Reading dan Diskusi Interaktif bertema Penguatan Moderasi Beragama Merespons Radikalisme di Media Sosial di D’ Twins Cafe and Garden pada Jumat malam, 10 Mei 2024.

Acara ini dihadiri langsung oleh penulis buku tersebut, Dr. Muhammad Nuruzzaman, M.Si., yang juga merupakan Staf Khusus Kementerian Agama (Kemenag) RI, serta Hasanuddin Ali. Rektor IAIN Palopo, Dr. Abbas Langaji, M.Ag, yang membuka acara menyatakan bahwa buku "Radikalisme di Media Sosial" merupakan karya terbaik karena jarang ada buku yang mendalami masalah radikalisme di media sosial.

Dr. Abbas menekankan bahwa meskipun buku ini sudah hadir agak lama di IAIN, namun belum dibagikan karena menunggu penulisnya hadir langsung untuk menjelaskan isi buku tersebut. Penulis buku ini juga merupakan ahli yang sangat berkompeten dalam riset radikalisme.

Dr. Muhammad Nuruzzaman, selaku penulis, menjelaskan bahwa keberadaan buku ini bertujuan untuk mencegah penyebaran paham radikalisme di kalangan masyarakat. Berdasarkan survei Mabes Polri, sekitar 87% konten keagamaan di media sosial bersifat intoleran dan radikal. Hal ini menjadi perhatian serius untuk mengisi ruang kosong di media sosial dengan pencerahan Islam yang moderat.

Acara book reading ini dihadiri oleh pimpinan IAIN, dosen, tenaga kependidikan, serta organisasi kepemudaan. Peserta aktif mengajukan beragam pertanyaan yang dijawab oleh penulis buku dan Staf Khusus Kemenag RI, Hasanuddin Ali yang juga memberikan materi dalam acara tersebut.